From Slank for Slankers

From Slank for Slankers

Musik Dalam Film

No Comments Uncategorized

Musik merupakan sesuatu yang bisa dibilang sangat berarti untuk hidup. Tanpa musik tentunya hidup pasti hampa, sunyi, sepi, membosankan dan sebagainya. Begitu pula yang terjadi dalam sebuah tayangan film, drama atau sinetron. Apa jadinya andai sebuah film tanpa musik? tentunya sangat membosankan dan membuat kita malas untuk menyaksikannya.

Kalau ngomongin tentang musik dalam film, Slank juga bukan orang baru dalam hal ini. Pertama kali Slank menuangkan karyanya dalam sinetron adalah untuk sebuah serial drama 26 Episode yang ditayangkan di ANTV, yakni sinetron Anak Menteng. Beberapa lagu yang diambil dari album pertama sampai ke-5, terpilih untuk masuk mengisi album soundtrack sinetron tersebut. Selain itu terdapat juga sebuah lagu yang saat itu juga baru yakni lagu Anak Menteng yang diciptakan dan diaransemen oleh Slank, namun lagu tersebut dinyanyikan oleh Tio Pakusadewo, Bucek Deep, Isaac dan pemeran sinetron anak menteng lainnya. Video klip untuk lagu ini juga menampilkan Bimbim dan Kaka yang bernyanyi bersama para pemain sinetron tersebut.

Memasuki tahun 2000 tepatnya setahun dari rilisnya album ke-11 Slank yang berjudul Satu – Satu, salah satu single-nya yang berjudul Bulan Bintang juga terpilih untuk mengisi sebuah film berjudul Novel Tanpa Huruf R yang salah satu pemainnya ikut serta dalam penggarapan album Jurus Tandur No.18 dalam lagu KKK yakni Fahrani Empel. Pada 2005 setelah Slank merilis album PLUR, dua buah lagu yang masuk kedalam album tersebut yakni Biru dan Juwita Malam ikut serta mengiringi film yang dibintangi oleh Tora Sudiro yakni Banyu Biru. Setelah itu, pada pertengahan 2007 StarVision yang merupakan salah satu rumah produksi ternama di Indonesia meminta Slank untuk mengisi soundtrack dalam sebuah film ber-genre cinta komedi yakni Get Married. Dalam penggarapan album ini, Slank juga mengajak tokoh utama film tersebut yakni Nirina Zubir. Slank berkolaborasi bersama Nirina lewat lagu lama dari penyanyi lawas A.Rafiq yang diaransemen ulang oleh Slank yakni Pandangan Pertama. Selain lagu itu, bimbim juga menciptakan lagu berjudul Kuil Cinta dengan video klip yang menampilkan para personil Slank dengan pakaian serba putih yang menggambarkan sebuah kesucian cinta. Dan sisanya Slank memasukkan lagu – lagu yang diambil dari album lama Slank.

For Some Info : Selain film dan sinetron, Slank juga pernah membuat lagu untuk disertakan dalam sebuah Iklan yang dibintangi Slank, serta salah satu lagu yang liriknya terdapat di album Slow But Sure yakni LILO yang dibuatkan khusus untuk sebuah game online.

Dua tahun berikutnya, seorang Sutradara ternama yakni Garin Nugroho bersama Set Film dan Shooting Star membuatkan Slank sebuah film musikal dalam rangka persembahan 25 tahun Slank berkarya yakni Generasi Biroe The Movie. Slank menyelipkan dua lagu baru untuk album Soundtrack film GenBi ini, yang pertama adalah Slank dance. Tema lagu ini memang menceritakan garis besar dari film, dengan video klip buatan Kamila Andini yang merupakan putri dari Garin Nugroho. Dalam video klip lagu Slank Dance ini Slank juga memperkenalkan sebuah gerakan koreografi ala Slank yang juga disebut Slank Dance dan video klip ini merupakan video klip pertama Slank yang disutradarai oleh seorang wanita.

Selain Slank Dance, ada juga sebuah lagu baru yang dihadirkan Slank untuk Soundtrack GenBi yakni lagu Monogami yang aransemen musiknya lebih slow, bercerita tentang kesetiaan dan cinta. Tetapi hadir dengan lirik yang kuat, jauh dari kesan cengeng. Lagu lain yang terdapat di album ini merupakan hits lama Slank, diambil dari beberapa album terdahulunya, seperti; Gossip Jalanan (PLUR), Generasi Biru (Generasi Biru), Pulau Biru (Kampungan) dan Koepoe Liarkoe (Lagi Sedih). Dari hits lama tersebut, ada 2 lagu yang hadir dalam versi live, yaitu; Indonesiakan Una (PLUR), dan Mars Slankers (Road to Peace) yang direkam live dari acara Slankers Day, bulan Juli 2008 lalu. Sedangkan lagu Cekal (Piss) direkam ulang di Studio Parah, Potlot. Proses rekamannya sendiri berlangsung disela jadwal tur Slank di Indonesia dan Amerika Serikat, antara Oktober sampai Desember 2008 lalu.

Masih di tahun 2009, Slank kembali dipercaya sebagai pengisi lagu dan musik pengiring untuk sekuel film tersebut yakni Get Married 2. Di album ini Slank kembali berduet dengan Nirina Zubir dalam lagu P L I S plesetan dari sebuah kata permohonan yakni please dengan konsep video klip animasi. Bukan hanya lagu P L I S, Slank juga memperkenalkan lagu baru untuk saat itu yakni lagu Cinta Kita. Lagu ini merupakan lagu favorit para remaja (bukan hanya Slankers) yang sedang dilanda Virus cinta atau sedang kasmaran. Tak berhenti sampai di Get Married 2, agustus 2011 StarVision kembali membuat lanjutan film tersebut yakni Get Married 3. Slank kembali didaulat untuk mengisi soundtrack film tersebut dengan mempersembahkan sebuah lagu dari grup band legendaris Indonesia Koes Plus yang berjudul Cubit2an dengan aransemen baru dan kembali berduet dengan Nirina Zubir. Dan Belum lama ini, Garin Nugroho kembali mengajak Slank untuk bekerja sama dalam penggarapan sebuah drama seri besutannya yang berjudul Tim Bui. Untuk serial drama yang ditayangkan di Metro Tv ini Slank mempersembahkan sebuah lagu baru yang berjudul Punya Cinta.

Berikut adalah video klip lagu Punya Cinta yang menjadi soundtrack drama seri TIM BUI, dan juga masuk ke album I SLANK U The album yang berhadiah Golden Ticket Slank.

Please follow and like us:

Have your say