Apa Kabar Koran Slank?

Punya cerita-cerita pengalaman Slanker tentang Slank?? Ceritain disini aja

Moderators: manyunk, cahbiroe, virus19

User avatar
benny
BOCAH
BOCAH
Posts: 47
Joined: 06 Sep 2013, 00:16
Location: Jogjakarta

Apa Kabar Koran Slank?

Postby benny » 21 Nov 2013, 21:05

Sekitar pada periode tahun 2000an, adalah era dimana Slank memberi slankers sebuah media informasi baru yang bernama Koran Slank. Jauh sebelum itu, pada era dimana album ke empat Slank, Generasi Biru, Slank sudah pernah menerbitkan sebuah tabloid hitam putih. Tampilannya apa adanya. Hanya beberapa lembar dan langsung coretan tangan, bukan ketikan ataupun cetakan.

Tabloid Slank, yang pada tahun tersebut terbit dengan semau-semaunya (kadang terbit kadang tidak), dipercaya adalah cikal bakal dari terbitnya Koran Slank itu sendiri. Bahkan, sebelum edisi pertama Koran Slank (edisi iseng-iseng, bonus album Virus Road Show) terbit, sekitar tahun 1999 Slank sudah melakukan jajak pendapat.

Tepatnya pada kertas album De Best-nya Slank, tersisipi sebuah pertanyaan, tentang bagaimana pendapatnya jika Slank membuat sebuah Koran. Kemudian, setelah album Virus meledak dipasaran. Lalu Slank melakukan tour dengan tagline Slank Virus Road Show, keluarlah album Virus Road Show dengan Koran Slank sebagai bonusnya.Meskipun hanya sekedar bonus dan edisi iseng-iseng, namun isi dari koran tersebut sangat matang.
Dengan kolom Bundaku Sayang misalnya. Kita bisa membaca tulisan-tulisan dari buah pemikiran Bunda Iffet. Toh kumpulan tulisan Bunda Iffet di Koran Slank, akhirnya diterbitkan dalam wujud buku dengan judul yang sama, Bundaku Sayang.Tentang kolom Mawar Merah. Kolom ini menulis tentang perempuan-perempuan yang begitu hebat di bidang yang digelutinya. Rieke Dyah Pitaloka, Rachel Maryam, dan Ratna Sarumpaet pernah ditulisnya. Ada juga kolom cermin pada halaman belakang Koran Slank, dan ditulis oleh Rustam Rastamanis. Bukan sekedar cerita roman picisan semata. Tetapi penuh dengan nilai-nilai moral dan ajaran nasionalisme.

Kolom yang menurut saya paling aje gile adalah adalah kolom kuis. Dimana hadiah yang diperebutkan adalah celana hot pantsnya Bimbim, dan bahkan hingga camping di Potlot selama seminggu. Pada saat itu, rasanya begitu menyenangkan jika sampai terpilih sebagai pemenang. Apalagi jawaban dari pertanyaannya, dikirim melalui pos. Bukan sms apalagi twitpic.

Koran Slank adalah media yang tepat untuk mengajak slanker menjadi lebih intelektual dalam wawasan. Slankers bukan hanya diajak untuk membeli album dan menghafal lirik-lirik disetiap lagunya. Rasanya, mengajak dan merubah pola pikir slankers, tak cukup jika hanya lewat kaset, fanspage, website, dan tv streaming(Slankers.tv).

Koran Slank adalah salah satu barang yang bisa dikoleksi. Maka, slanker akan membeli dan membacanya. Dengan itu, Slank dapat menularkan visi misi kepada slankers. Sisi itu yang saya rasa, tidak bisa dilakukan oleh kaset, fanspage, website, atau bahkan tv streaming (slankers.tv)

Kaliurang, 21 November 2013 jam 19.51 wib



User avatar
cahbiroe
HANSIP
HANSIP
Posts: 142
Joined: 14 Jan 2013, 13:55
Location: Jember, East Java - Indonesia
Contact:

Re: Apa Kabar Koran Slank?

Postby cahbiroe » 22 Nov 2013, 15:48

wah dab... tulisan-tulisannya sampeyan selalu membuat saya tertarik untuk mengomentarinya hehehe... (keren bro..!!)

pada jamannya, kans menjadi salah satu barang keluaran potlot yang ditunggu-tunggu oleh slankers, termasuk saya pada waktu itu. masih ada sisa-sisa kans tergeletak di kamar saya, dengan wujud yang sudah nggak utuh lagi, karena beberapa gambarnya sudah saya potong-potong dan saya susun menjadi poster hehehe (kreatif atau kere??)
nggak dipungkiri lagi, jaman sudah berubah menjadi era yang serba digital. media pemberitaan banyak yang beralih ke media online, karena mungkin lebih simpel, nggak seribet media cetak. dan pastinya hal yang lebih penting, dengan beralih ke media online, maka kita bisa mengurangi pemakaian kertas yang notabene terbuat dari kayu (pohon), mungkin itu yang menjadi pertimbangan slank untuk tidak mengeluarkan kans dalam bentuk media cetak... yaaa, untuk mengurangi pemakaian kertas, yang otomatis akan mengurangi pemakaian kayu, yang otomatis akan mengurangi penebangan pohon... (mungkin).


PEACE - LOVE - UNITY - RESPECT

User avatar
benny
BOCAH
BOCAH
Posts: 47
Joined: 06 Sep 2013, 00:16
Location: Jogjakarta

Re: Apa Kabar Koran Slank?

Postby benny » 22 Nov 2013, 20:45

Terima kasih...

Tapi entah kenapa, ketika beralih ke media digital, ada something yang rasanya hilang. Wah balasan anda malah gak terpikir di kepala saya, tentang penggunaan kertas akan memakan banyak jumlah pohon. Terima kasih atas balasannya yang membuka wawasan saya mas...



User avatar
max.bhow
VIRUS
VIRUS
Posts: 1893
Joined: 08 May 2013, 11:32
Location: Jakarta Utara
Contact:

Re: Apa Kabar Koran Slank?

Postby max.bhow » 11 Dec 2013, 12:16

Bener juga siih...

Tapi kayaknya perlu juga dibikin versi digitalnya,
jadi formatnya seperti kans cetak tapi dalam versi digital, lebih seru kaan...
Jiwa rubrik di kans tetep dapet, file bisa dikoleksi, penggunaan kertas juga bisa dibatasi...

Semoga

:mau:


PLUR.. 100% Rock 'n Roll "BLUeSS...???"
t: @max_bhow @AXORG_
F: Max Bhow
Youtube : maxbhow
Kaskus : bhow



  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post

Return to “TERLALU MANIS”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest