From Slank for Slankers

From Slank for Slankers

Slank Di Peringatan Hari TB Sedunia

No Comments #SlankDiary

Kamis siang, 24 Maret 2016 Slank berlima hadir dalam acara peringatan Hari TB Sedunia 2016 yang berlokasi di @america – Pacific Place, Jakarta. Ini merupakan pertama kalinya Slank terlibat dalam kegiatan kampanye pencegahan penyakit TB atau Tuberkulosis, atau yang dari dulu kita kenal dengan sebutan, TBC.

Di acara ini, hadir ratusan pelajar dari beberapa SMP dan SMA di Jakarta guna mendapat sosialisasi penyakit TB dalam acara talkshow hasil kerjasama Kedubes Amerika dan Kementerian Kesehatan RI. Dalam kampanye kali ini, slogan yang diteriakkan adalah #TOSSTB yang merupakan singkatan dari Temukan Obati Sampai Sembuh untuk penyakit mematikan: Tuberkulosis. Usai berbincang soal TB, semua yang hadir mulai dari pelajar, masyarakat umum hingga Duta Besar Amerika ikutan ngeSlank Rame-Rame alias menyaksikan penampilan Slank secara LIVE di @america.

Untuk diketahui, Tuberkulosis merupakan salah satu penyakit menular yang menyebabkan kematian sekitar 100.000 orang per tahun. Satu orang terinfeksi TB setiap 30 detik dan satu penderita TB dapat menginfeksi 15 orang setiap tahun jika tidak diobati. Kuman TB pertama kali ditemukan oleh Robert Koch tepatnya tanggal 24 Maret 1882. Makanya tanggal itu dijadikan Hari TB Sedunia.

Penyakit TB banyak terjadi pada anak-anak, orang tua, perokok atau penderita HIV dan AIDS. Seseorang terinfeks TB tidak langsung memiliki gejala penyakit TB, butuh waktu 2-5 tahun untuk muncul gejala TB. Kuman TB dapat menular dari penderita TB ke orang lain, melalui percikan reniik saat batuk dan bersin. Penyakit TB tidak dapat menular lewat tempat makan dan minum.

Sementara TB Laten adalah kondisi kuman TB yang berada dalam tubuh dapat dikendalikan oleh daya tahan Tubuh yang baik, sehingga tidak muncul gejala. Penyakit TB bisa disembuhkan dengan minum obat TB secara teratur berdasarkan petunjuk Dokter dan pengobatan harus sampai tuntas, 6 bulan atau lebih secara teratur selama dua minggu, dapat mencegah penularan kuman TB ke lingkungan sekitar. Pengobatan pasien TB adalah salah satu bagian dari pencegahan TB dan obat TB yang paling bagus tersedia di Puskesmas, GRATISS!

Jadi, mari kita peduli dengan lingkungan sekitar. Temukan dan obati penderita TB.
#TOSSTB

 

 

 

 

Photo: Wahyu Budiarto
Words: RenkaStres

Please follow and like us: