From Slank for Slankers

From Slank for Slankers

Kampanye Ride for Orangutan Sukses Melibatkan Partisipasi Masyarakat

No Comments Potlot

Kampanye Ride for orangutan 2013 yang diadakan oleh ProFauna Indonesia pada bulan April hingga Mei 2013 telah usai dilaksanakan dengan sukses. Kampanye perlindungan orangutan dengan cara keliling Sumatera menggunakan sepeda motor dari Jakarta hingga Aceh itu sukses diliput puluhan media massa. Namun kesuksesan utama dari kampanye itu adalah adanya partisipasi aktif dari masyarakat yang mendukung kampanye itu. Partisipasi masyarakat itu mulai dari donasi, edukasi, hingga terlibat langsung dalam kampanye di lapangan.

Latar belakang masyarakat yang berpartisipasi sangat bervariasi, mulai dari pelajar, mahasiswa, guru, dosen, artis, komunitas otomotif, fans grup musik Slank, pemerintah daerah, polisi dan LSM lokal di Sumatera. Kehadiran tim Ride for Orangutan di setiap daerah di Sumatera selalu disambut dengan hangat, bahkan beberapa pemerintah daerah dan kepolisian secara khusus mengundang tim untuk berkunjung ke tempat mereka. Di beberapa daerah, tim juga disambut dengan konvoi oleh klub-klub motor yang kemudian mereka juga ikut kampanye ProFauna.

2

Salah satu pendukung penting kampanye Ride for Orangutan ini adalah Supporter ProFauna Indonesia. Sekitar 50% dari dana kampanye ini didanai oleh Supporter ProFauna yang penuh dengan semangat menyumbang dalam bentuk uang dan barang. Supporter ProFauna yang menyumbang itu berasal dari daerah yang berbeda-beda, antara lain dari Malang, Surabaya, Sidoarjo, Jakarta, Bandung, Palopo Sulawesi, Medan, Denpasar Bali, Bogor dan lain-lain.

Keterlibatan bintang rock papan atas Slank dalam kampanye Ride for Orangutan ini juga memberikan dampak yang luar biasa. Fans Slank di Sumatera ramai-ramai mendukung kampanye Ride for orangutan. Ini menjadi ajang edukasi yang menarik bagi masyarakat umum, karena tim ProFauna bisa dekat dan berinteraksi langsung dengan masyarakat.
Banyaknya dukungan dari masyarakat itu sangat menggembirakan, lebih dari 50 kelompok yang berbeda terlibat dalam kampanye Ride for Orangutan. Chairman ProFauna Indonesia Rosek Nursahid mengatakan, “ProFauna sangat gembira dengan banyaknya dukungan dari berbagai kelompok masyarakat dan juga supporter ProFauna. Ini sebuah langkah maju untuk pelestarian satwa langka Indonesia, karena upaya itu hanya bisa dilakukan ketika masyarakat mau terlibat aktif mendukungnya”.

1

Dalam kampanye Rride for Orangutan itu tim ProFauna juga berinterkasi langsung dengan berbagai kelompok di Sumatera, terutama dari komunitas anak muda. Setelah berdiskusi dengan tim ProFauna, banyak sekali kelompok anak muda itu yang tertarik untuk melakukan kampanye pelestarian satwa liar di Sumatera.

Sumber berita & foto ProFauna.net

Please follow and like us:

Have your say