From Slank for Slankers

   No rekening donasi atas nama Iffet Veceha Sidharta | BRI : 0426-01-000374-56-2 | BCA : 1280-331062 | Mandiri : 124-00-0993372-3 | Total sumbangan : Rp.126,822,000

From Slank for Slankers

May Day.. May Day.. May Day.. Slank di GBK (1 Mei 2012)

No Comments #SlankDiary

Seperti tahun – tahun sebelumnya, dimulai sejak tahun 1886 di Negeri Paman Sam, Amerika. Para buruh di seluruh dunia selalu memperingati Hari Buruh Internasional yang jatuh pada tanggal 1 Mei dan ditetapkan sebagai hari libur nasional di beberapa negara.

Sejak tahun 1920, para buruh di Indonesia juga ikut memperingati Hari Buruh atau biasa disebut May Day dengan menggelar aksi demonstrasi atau long march yang dilakukan di hampir seluruh daerah di Indonesia. Kalau biasanya diperingati dengan aksi demonstrasi yang berujung kerusuhan, berbeda dengan tahun ini. Slank yang merupakan ‘buruh musik’ juga ikut menyuarakan aspirasi dengan tampil di Gelora Bung Karno Senayan,Jakarta. Hal unik yang terjadi di May Day tahun ini adalah Istilah para Slankers yakni “Apapun bandnya, Slank benderanya” tadi sore tiba – tiba berubah menjadi “Slank bandnya, tapi bukan Slank benderanya”. Karena yang menyaksikan penampilan Slank kali ini bukanlah Slankers, melainkan para buruh yang membawa bendera perusahaan mereka masing – masing.

Sebagai bentuk solidaritas terhadap buruh Indonesia, Slank tampil membawakan lagu berjudul ‘MayDay’ yang terdapat di album Jurus Tandur No.18 sebagai lagu pembuka. Kemudian dilanjutkan dengan beberapa lagu yang bertemakan kritik sosial lainnya. Ternyata para buruh yang datang di Gelora Bung Karno yang merupakan stadion terbesar di Indonesia ini. juga hafal lagu – lagu Slank. Terbukti dengan lantangnya suara mereka yang mengiringi Slank ketika lagu Ku Tak Bisa dan Terlalu Manis berkumandang di tengah hujan yang mengguyur kota jakarta di awal bulan Mei ini.

For Some Info : Sebelumnya Indonesia juga menetapkan tanggal 1 Mei (May Day) sebagai hari libur nasional, tapi sejak masa pemerintahan Orde Baru, hari buruh internasional tidak lagi menjadi hari libur nasional.

Selamat Hari Buruh.!!
Semoga kesejahteraan buruh terutama di Indonesia, tidak hanya menjadi impian dan teriakkan di tanggal 1 Mei setiap tahunnya.

Please follow and like us:

Have your say