From Slank for Slankers

From Slank for Slankers

Manifesto Slank Sila Ke Delapan MANUSIAWI

No Comments Uncategorized

Slank punya sebuah Manifesto yang berisi 13 ajaran yang gak sempurna, yang terdapat di album ‘Slankissme’ tahun 2005. Dikatakan ‘gak sempurna’ karena memang kesempurnaan hanyalah milik Tuhan, dan manusia yang merupakan makhluk Tuhan juga tidak ada yang sempurna.

Maka dari itu, yang namanya manusia tentu tidak pernah luput dari khilaf, lupa, salah, dan hal-hal negatif lainnya. Seperti yang dikatakan Bang Haji Rhoma Irama sewaktu konser bareng Slank di lapangan Pondok Cabe tahun 2003 lalu,
“Semua anak Adam berdosa, tapi sebaik – baik orang berdosa, adalah orang yang bertaubat” Kata – kata Bang Haji tersebut bisa juga kita artikan bahwa, yang namanya manusia pasti pernah membuat dosa entah disengaja atau tidak. Dan hal seperti ini bisa juga disebut Manusiawi.

For Some Info : Omongan Raja dangdut tersebut bisa kalian dengar sendiri di lagu ‘Baliki’n Slank feat Rhoma Irama, yang ada di album live kompilasi ke-3 Slank yaitu album ‘Bajakan’.

Sama halnya seperti sila ke-8 ‘Manifesto’ Slank yaitu ‘Manusiawi’. Mewakili lagu yang berjudul sama yakni ‘Manusiawi’ dan terdapat di album ‘Slankissme’, petikan liriknya seperti ini.. “Kata – kata yang paling indah, gak ada yang bilang mudah.. Pencapaian tersusah.”

Lagu tersebut dibuat oleh Bimbim 5 tahun yang lalu tepatnya 24 Mei 2005. Kalau menurut interpretasi gue, lagu ini bisa diartikan kalau segala sesuatu memang tidak ada yang mudah, dan membutuhkan sebuah perjuangan untuk menggapainya. Seperti yang Slank sampaikan lewat lagu ‘Rebut’ yang ada di album 3 bahasa Slank yaitu album ‘The Big Hip’. Potongan liriknya kaya gini, “Mana ada perlawanan tanpa keringat ? mana bisa kemenangan tanpa semangat?”
Jadi intinya adalah kita harus berusaha untuk meraih segala yang kita inginkan, karena banyak hal yang tak semudah balik telapak tangan.

Walaupun begitu, asalkan mau berusaha untuk mencoba, niscaya Tuhan akan mengijinkan dan keberhasilan akan kita genggam. Tapi dibalik semua itu, tentu tidak semua perjuangan bisa menang. Karena selain kemenangan, ada juga kekalahan yang kadang harus ditelan. Nah, andai kita sudah berusaha dan berupaya melakukan sesuatu tapi gagal atau kalah, tetaplah semangat dan jangan pernah putus asa. Karena dibalik semua kejadian pasti ada hikmah yang bisa jadi pelajaran, dan kegagalan atau kekalahan itu juga merupakan hal yang manusiawi.

Sama halnya seperti perjuangan yang telah atau tengah dilangsungkan oleh kawan – kawan Slankers yang masih duduk di bangku sekolah, yaitu Ujian Nasional. Seandainya kalian gagal (semoga nggak) janganlah berputus asa, apalagi sampai mencontoh para remaja galau yang memutuskan untuk mengakhiri hidup hanya karena tidak lulus ujian. Hal seperti ini harus dihindari dan jangan ditiru karena sekali lagi, kegagalan atau kekalahan itu merupakan hal yang manusiawi. Kalau harus merasakan hal seperti ini, janganlah ragu dan malu untuk mencoba kesempatan kedua. Yang terpenting adalah kita harus belajar dari kesalahan.

Karena paling tidak kita sudah mencoba dengan berusaha untuk meraihnya dan tetap menuju arah satu, yaitu pencapaian. Selamat berjuang buat Slankers School, ingat lagu Slank yang judulnya ‘Tut Wuri Handayani’ yah. Lagu yang bisa ditemukan di album ke-5 Slank yang berjudul “Minoritas” dan potongan baitnya,
“Giatlah berolahraga, ikut ekstra kurikuler.. Rajin – rajin belajar, giatlah menuntut ilmu..”

Jurus Tandur !!

Please follow and like us:

Have your say